MARAH


Kesel yg udah numpuk dari berbagai penjuru, pas keluar, jadi marah.

Itu sekilas yg coba saya amatin, sebenernya darimana sih datengnya marah itu. tolong koreksi klo saya salah.

marah

macem2 emang jenis orang marah, ad yg emang temperamen/gampang marah, ad yg penyabar/susah marah, ad yg mud2an/klo lagi mud aj baru marah.. (lho emang ada?? ya ada..!!!). masing2 orang memiliki kriteria tersendiri ttg wataknya.

tp menurut sya, alesan orang marah tuh tetep aj serupa, ad yg bikin dia kesel…!! (ya iyalahh..cuma orang gila yg tiba2 marah, tiba2 ketawa tanpa ada alesan sama sekali..!!!) entah itu besar atopun kecil. mungkin sebetulnya kekeselan terbesar bukan dengan orang terakhir yg bikin kita kesel, tpi kok ya dasar udah penuh keselnya, jdi pas tumpah pada orang terakhir yg bikin dia kesel, meskipun sebetulnya bukan murni kesalahan tu orang.

brantem

kisah nyata nih (biasa, agak sya rubah biar ga ketauan.. 😛 ), temen sya, anggep aj namanya NUHI (biarin deh namanya mirip gw.. 😀 ). pada suatu waktu sya iseng ma Nuhi, ngumpetin spatunya, trus tiba2 dia marah ga karu2an ma sya pas sya balikin tuh spatu. Nuhi bilang “Bre***ek banget sih lu, gw udah ngabisin waktu nih nyri2 tuh spatu, gw telat tau gak..!!!lu nyengir nyengir lagi..!! bre***ek banget lu emang..!!”. gmn reaksi saya?? minta maap jelas, tpi haruskah saya marah juga ma Nuhi?? marah karena sya cuma becanda gtu doang tp dia marahnya udah kaya kebakaran jenggot..!!?? ga perlu, ga da gunanya, yg ad juga dia pasti tambah marah.

akhirnya sya tau, klo sebenernya Nuhi lagi ad banyak masalah, dari keluarganya, duit, studinya, kerjaannya, beberapa temennya, dll. jdi klo ditarik kesimpulan, sbetulnya yang paling bikin dia kesel tuh bukan karena sya umpetin sepatunya, tapi karena faktor2 sebelumnya. cuma ya emang dasar pas titik jenuhnya pas spatunya diumpetin, jadilah sya yg kena marah. wajar..?? ya wajar lah..namanya juga bendungan yg udah penuh banget, diretakin dikit aja dindingnya, ntar bakalan ancur dah tuh bendungan. ruangan yg penuh dengan gas, kasih percikan api dikit aja, udah bisa ngebakar semua isi ruangan itu…y gak??!!

jdi solusinya gmn..??!!

setiap orang punya alesan untuk marah, itu pasti, tpi gmn klo orang tsb ga punya alesan utk marah??? ap dia kudu marah2 juga kya orang gila..??!! nggak kan??? klo sya sih, lebih cinderung menghilangkan alesan2 itu.

menurut saya, (tolong koreksi klo sya salah)
biar kita ga jadi objek yg dimarahin :
jangan biarin org marah ma kita, jangan kasih alesan utk dia marah ma kita, ga usah bikin dia kesel ma kita, JANGAN LAKUKAN PADA ORANG LAIN AP YG GA MO ORANG LAEN LAKUKAN PADA KITA..!!! klo pun emang dia udah terlanjur marah ma kita, bukan berarti kita juga kudu ikutan marah kan?? coba pikir2 lagi, kira2 knapa dia marah2? coba kita berempati terhadap ap yg lagi dialaminya, permasalahan yg bikin dia sukanya marah2.jangan malah dimarahin, coba kita sering memposisikan diri kita jadi orang itu, insyaAllah itu lebih nyaman di hati. bukannya kita kudu marahin org yg marah ma kita, tpi coba kita mikir “oh iya, dia kyanya lagi ad permasalahan berat banget, bisa ga ya gw bantu dia..”, beeeuuuhhh…manteb banget dah klo kita bisa kya gtu..(gw udah bisa blon yee..??!!)

biar kita ga jadi subjek yg suka marah2 :
sama, jangan biarin alesan2 utk kita marah tuh numpuk, cepet lepasin aja,iklasin aj, kita ga mati kan klo kita lepasin masalah2 kita??? ga da gunanya kan numpuk2in kekeselan???ad ga sih manfaatnya nimbun kesel?? klo pun emang udah kepepet banget utk marah, coba deh marah sesuai kadarnya, sesuai ap yang bikin kita marah, jangan ampe menyebar luas, jangan ngungkit2 yg laen…tpi lebih bagus klo kita ga mawah, jdi coba kita berpikir kembali, “gw kan ga suka klo orang marah2 ma gw, jdi gw juga ga mo marahin orang deh..”, coba sering2 bertanya “klo misalnya gw marahin dia, ap gunanya ya??ap klo gw marah gw bisa ngerubah dia?? ap klo gw marah dia bakal terima???”, klo emang ga da gunanya, ya ga usah marah kan?? tpi klo emang ada gunanya, ya…selanjutnya terserah anda… 😛 (tambahan..sering2 denger nasyid “senyum” dari Raihan deh…ato ga lagu “Ceria” dari J-Rock.. 😀 )

banyak yg bilang, “udah lu klo mo marah, marah aj, jangan dipendem2, ntar jadi sakit lho klo jadi beban pikiran, lu klo mo marah jangan setengah2, lepasin aj semua, biar hati lu plong…!!!”

masing2 orang mungkin punya prinsip yg beda menyikapi kemarahannya, tpi buat saya, biar ga jadi beban pikiran, ya jangan dipikirin, banyak hal lain yg lebih berharga utk dipikirin ketimbang hal2 yg bikin marah. mendingan ga marah daripada marah, marah itu bikin kita cape, bahkan ampe nangis, bikin orang sakit hati, ga da gunanya. Bukan sya ga pernah marah, sya pasti mikir berulang2 klo mo marah, “apa alesan itu cukup bikin gw marah??ap klo gw marah gw bisa menghentikan dia..??!!”.
itu menurut sya lho…silakan koreksi klo salah.

selain itu, inget Hadits Rasul?? “Marah itu setengah GILA”..mau lu jadi orgil..??!! hehehehee….pizz aaahhh.. 😛

ctt :
– maap klo ad yg ga berkenan, silakan dikoreksi..
– buat yg hobinya marah2, sya siap kok jadi objek yg dimarahin (meski tanpa alesan apa pun)..tnang aj, insyaAllah sya juga ga bakal marah…daripada marahin org laen, cuma bikin dia sakit hati, mending marahin sya kan..??!!sya mah udah ga punya hati, jdi ga bakal sakit hati…hihihihi… 😛

4 responses to “MARAH

  1. wah…sudah lama menghilang ya mas :), akhirnya balik lagi :),

    iya benar setuju, marah itu krn ada yg bikin kesel or gak sesuai dengan hati kita….gak mungkin marah karena hobi :), yah pada dasarnya sih saya termasuk yang jarang marah tp skali marah menakutkan :P, diem dan keinget terus sampek nanti….wah 😦

    • Move Lee Hoon

      waahh…marah tingkat tinggi tuh… 😛 tpi baguslah, marah pada waktu, tempat, kapasitas dan sasaran yang tepat…hehehehe,..

  2. dulu, gw itu orang yang ngga pernah marah (kata temen2 gw)….setiap gw marah gw slalu diam, baca buku atau melakukan hal-hal lain yang bikin gw tenang….
    hal tersebut terus-menerus berlangsung. pada akhirnya gw berakhir di Rumah Sakit, kata Dokter kalo kesel ato marah ya udah keluarin aja, ngga usah di pendem2. dan ngga ada obat dokter yang bisa nyembuhin, gimana diri kita ajeh!!
    dan gw ngga mau berakhir di Rumah Sakit lagi!!! ngga enak tauk kayak di penjara!!!

    • Move Lee Hoon

      nah..makanya gw ga mo mendem marah..klo emang ad marah, ya cari cara biar marah itu ilang, bukan biar marah itu terpendam…beda lhoo.. 😛

Tinggalkan komentar